Teknologi Yang Digunakan Dalam Sepak Bola

Teknologi Yang Digunakan Dalam Sepak Bola

Teknoterbaru.com – Sepak bola sebagai salah satunya cabang olahraga terpopuler di dunia. Semenjak dikenalkan beberapa ratus tahun kemarin, olahraga ini sudah alami perubahan yang paling panjang. Masuk era ke-21, tehnologi semakin mempunyai peranan penting dalam bermacam sektor, tidak kecuali di dunia olahraga.

Sepak bola juga tidak dapat terlepas dari dampak pesatnya perubahan tehnologi. Beberapa pengembangan tehnologi terus ditingkatkan. Manfaatnya juga berbagai macam, dimulai dari kenaikan perform dan stamina pemain, sampai coba datang sebagai jalan keluar atas persoalan yang umum terjadi dalam sepak bola. Tidaklah aneh bila inovasi-inovasi tehnologi itu memberi dampak yang besar pada olahraga ini.

1. Goal Line Technology

Goal Line Technology
Goal Line Technology

Goal line technology atau tehnologi garis gawang ialah tehnologi yang menolong wasit untuk tentukan apa bola sudah melalui garis gawang ataukah belum.

Pengembangan tehnologi ini jadi jalan keluar jumlahnya keputusan polemis wasit saat bola kelihatan samar-samar apa sudah melalui garis gawang ataukah belum. Kebatasan pandangan wasit jadi pemicu intinya. Dengan begitu, adanya tehnologi ini keputusan gol atau mungkin tidak menjadi lebih tepat.

Langkah kerjanya, sekitar 7 camera terpasang pada bagian atap stadion menghadap menuju gawang. Mekanisme camera akan mengirimi signal ke wasit jika bola sudah melalui garis.

Sesudah lewat pembicaraan, implementasi tehnologi ini pada akhirnya telah disepakati oleh FIFA sebagai kewenangan sepak bola paling tinggi di dunia dan dipakai pertama kalinya pada Piala Dunia Antar-klub 2012 di Jepang. Sekarang, banyak kompetisi dan beberapa liga sepak bola terpenting di dunia seperti Piala Dunia, Liga Inggris, sampai Piala Eropa yang sudah mengaplikasikan tehnologi garis gawang dalam tiap kompetisinya.

2. Microchip Dalam Sepatu Pemain

Microchip Dalam Sepatu Pemain
Microchip Dalam Sepatu Pemain

Pengembangan tehnologi dalam sepak bola digunakan untuk tingkatkan perform pemain saat berlaga. Diantaranya ialah tehnologi microchip dalam sepatu pemain.

Tehnologi ini berbentuk alat yang sanggup menghitung gerak dan performa yang dilaksanakan oleh pemain di atas lapangan. Dengan begitu, daya jelajahi pemain di atas lapangan bisa terdeteksi lewat alat yang ditempatkan dibalik alas sepatu ini. Perusahaan olahraga asal Jerman, Adidas ialah pion yang meningkatkan tehnologi ini dengan mengaplikasikannya pada sepatu seri Adizero F50.

3. Tehnologi EPTS

Tehnologi EPTS
Tehnologi EPTS

Electronic Performnce and Treking Systems (EPTS) ialah tehnologi berbentuk mekanisme berbasiskan tablet yang bisa mencari statisik pemain atau segalanya dalam laga sepak bola.

Karena kontribusi tehnologi EPTS, pelatih bisa tentukan taktik di atas lapangan saat berlaga. Luar biasanya, lewat sebuah tablet, pelatih bisa mengawasi semua gerakan pemain sepanjang laga secara realtime. Pergerakan semua pemain itu terekam oleh sekitar 396 camera yang dipasang di stadion.

Untuk pertama kalinya, tehnologi EPTS sesungguhnya pernah diuji-coba FIFA pada 1996 untuk mengetahui garis gawang, bola, dan rumput stadion. Pada Piala Dunia 2018 lalu, tehnologi EPTS kembali dipakai.

4. Jersey Penyerap Keringat

Jersey Penyerap Keringat
Jersey Penyerap Keringat

Design jersey pemain sepak bola alami perubahan yang panjang dari design sampai pengembangan tehnologi yang ada didalamnya. Zaman 2000-an jadi titik diawalinya jersey pemain sepak bola yang berteknologi penyerap keringat.

Disamping itu jersey dibuat bisa memfilter suhu panas sekalian udara dingin yang tembus ke badan. Design itu menolong memberi kenyamanan pemain di atas lapangan hingga bisa tampilkan perform terbaik saat berlaga. Inovasi-inovasi itu terus ditingkatkan sampai sekarang.

5. Video Assistant Referee (VAR).

Video Assistant Referee
Video Assistant Referee

Tehnologi VAR banyak dibicarakan pada Piala Dunia 2018 lalu di Rusia. Tehnologi ini berperan menolong performa wasit dalam membuat keputusan pada saat polemis.

Wasit yang bekerja di atas lapangan akan mendapatkan kontribusi orang kepercayaan wasit VAR yang ada dalam suatu ruangan kontrol video yang menolong wasit lapangan untuk menyaksikan siaran ulangi peristiwa yang dipandang polemis. Sebuah monitor di tepi lapangan disiapkan untuk wasit lapangan menyaksikan siaran ulangi. Dipercaya bahwan teknologi yang satu ini juga membuat para perusahaan judi bola kesulitan untuk ikut campur dalam sebuah pertandingan.

Dengan kontribusi VAR, laga sepak bola makin lebih jujur dan kekeliruan wasit dalam memutuskan bisa diminimalkan. Beberapa liga di dunia yang sudah mengaplikasikan tehnologi ini diantaranya Liga Inggris dan Liga Spanyol.